Minahsmk1

Sunday, 12 June 2016

Penyebab Hardisk Laptop Cepat Rusak

Penyebab Hardisk Laptop Cepat Rusak - Biasanya penyebab terjadi kerusakan pada hardisk laptop ini tidak di sadari oleh penggunannya. Kebanyakan pengguna baru menyadari ketika hardisk sudah benar-benar rusak. Awal dari kerusakan hardisk laptop biasanya akan timbul error pada sistem komputer, misalnya crash, hang dan bahkan tidak bisa booting sama sekali.

Namun, kerusakan yang saya sebutkan diatas belum parah. Masih ada yang paling parah yaitu kerusakan pada hardware hardisk-nya lansung seperi bad sector. Kalau sudah begini tidak ada cara lagi yang dapat menolong hardisk laptop anda. Jadi, mau tidak mau anda harus membeli dan mengganti dengan yang baru.
Penyebab Hardisk Laptop Cepat Rusak


Untuk mengetahui apakah hardisk anda sudah rusak. Berikut ciri-ciri dari hardisk yang sudah mengalami kerusakan
  1. Komputer/laptop tiba-tiba diam, mouse, keyboard tidak berfungsi sehingga komputer/laptop terpaksa harus dimatikan secara paksa atau restart. Kejadian ini bisanya terjadi sangat sering.
  2. Saat komputer/laptop baru dinyalakan, komputer/laptop tidak mau dioperasikan dan tidak merespon tindakan yang anda berikan.
  3. File yang tersimpan pada hardisk laptop/komputer anda tiba-tiba hilang.
  4. Kinerja komputer menjadi lambat 
Jika hal diatas terjadi pada komputer/laptop anda. Ada kemungkinan hardisk komputer/laptop anda sudah rusak dan bagi anda yang belum mengalami hal di atas, anda harus mengetahui apa saja penyebab yang membuat hardisk menjadi cepat rusak. Agar anda bisa menghindarinya, berikut

Penyebab Hardisk Laptop Cepat Rusak

1.  Goncangan/getaran Yang Kuat Pada Hardisk
Laptop merupakan benda yang sangat mudah untuk dibawa kemana-mana, jadi sebaiknya dalam membawa laptop, hindari terjadinnya goncangan yang terlalu keras pada laptop anda. Karena goncangan yang kuat ini dapat membuat komponen laptop terutama hardisk menjadi ikut tergoncang dan jika hardisk tergoncang sangat kuat dikhawatirkan head hardisk yang terletak mengambang diatas permukaan piring hardisk akan kendor atau lepas dan yang memperparah jika head hardisk menyentuh komponen lain.

2. Tegangan Listrik Yang Tidak Stabil
Pada saat kita sedang asyik bermain game atau online di internet dan tegangan yang di sambungkan ke laptop kita tidak stabil atau listrik padam, sehingga menyebabkan komputer mati mendadak, kecuali pada laptop yang mempunyai baterai. Matinya komputer secara mendadak ini lah yang menjadi penyebab rusaknya hardisk

3. Tidak Mengikuti Prosedur Mematikan Komputer
Terkadang orang merasa malas untuk mengikuti prosedur mematikan komputer/laptop. Prosedur yang benar ialah dengan mematikan komputer melalui fitur shut down. Dengan melalui shutdown maka segala pekerjaan yang sedang bekerja di komputer akan dihentika. Jadi, komputer atau laptop tidak dimatikan secara mendadak

4. Suhu Panas Yang Berlebihan Pada Laptop
Suhu padas pada laptop juga bisa menjadi penyebab hardisk laptop atau komputer anda cepat rusak karena komponen di dalamnya mungkin bisa konslet yang menyebabkan hardisk cepat rusak.

5. Sering Install ulang
Ini sudah saya jelaskan tadi pada postingan sebelumnya, bagi yang belum membaca silahkan baca ini (Dampak Sering Install Ulang Laptop/PC) disitu sudah saya jelaskan dampak dari sering install ulang dan salah satu dampak yang di timbulkan adalah hardisk anda menjadi cepat rusak

Sekarang anda sudah tahukan apa saja penyebab hardisk cepat rusak? dan sudah tahu juga bukan ciri-ciri dari hardisk yang rusak?. Jika anda sudah tahu, selesai sudah postingan kali ini. Oh, iya jika sobat mau cek kondisi kesehatan hardisk sobat bisa menuju link ini ==> Cara Cek Kondisi Kesehatan Hardisk. Semoga postingan ini bermanfaat dan membantu.
Previous
Next Post »

Silahkan tuliskan komentar sobat dan mohon jangan menampilkan link aktif

 
Back To Top