Minahsmk1

Monday, 27 October 2014

Pengertian Dongeng Dan Jenis Dongeng

Dongeng adalah cerita khayalan atau rekaan yang tidak masuk akal atau tidak mungkin terjadi. Misalnya, manusia dapat berubah menjadi binatang dan binatang bisa berbicara. Dongeng biasanya digunakan untuk menghibur para pembaca atau pendengarnya dan juga digunakan sebagai saranan untuk menyampaikan nasehat atau pesan moral. Dongeng di ceritakan secara turun temurun atau berulang-ulang dari satu orang ke orang lainnya. Cerita pada dongeng biasanya terinspirasi dari suatu peristiwa.

Pengertian dongeng menurut James Danandjaja, dongeng adalah cerita rakyat yang disampaikan secara lisan dan dianggap tidak benar-benar terjadi. Tujuan utama dari dongeng ini adalah untuk menghibur dan memberi pesan moral

Pengertian Dongeng Dan Jenis Dongeng
Berdasarkan isinya, ada lima jenis dongeng yaitu legenda, parabel, fabel, mite dan sage. Berikut penjelasan dari jenis-jenis dongeng tersebut
  1. Legenda, dongeng yang ceritanya berkaitan dengan kejadian alam, biasanya berisi tentang kejadian yang terjadi disuatu daerah. Contoh : Dongeng "Terjadinya Danau Toba"
  2. Parabel, dongeng yang mengandung nilai-nilai pendidikan dan nasehat atau pesan moral dan juga mengandung hikmah yang dapat dijadikan sebagai pedoman hidup agar tidak lagi melakukan kesalahan  yang sama. Contoh : Dongeng Malin Kundang
  3. Fabel, adalah cerita yang diperankah oleh binatang. Contoh : "Dongeng Si Kancil"
  4. Mite, adalah dongeng yang menceritakan peristiwa yang berkaitan dengan makhluk halus atau dewa-dewa. Biasanya isi dari dongeng ini berkaitan dengan kepercayaan animisme. Contoh : Nyi Roro Kidul.
  5. Sage, adalah dongeng yang menceritakan suatu tokoh yang berkaitan dengan sejarah, tentang kepahlawanan, kesaktian , keperkasaan tokoh yang diceritakan. Contohnya : Cerita Jaka Tingkir
Previous
Next Post »

30 komentar

Ainnul Yaqin delete 27 October 2014 at 16:42

wahhh kereenn lengkap sekali nih mbak penjelasan mengenai dongengnya jadi inget smasa sekolah nihh hehe

siti aminah delete 27 October 2014 at 22:28

hehe iya gan.

Mbak Susi delete 28 October 2014 at 00:43

Yang sangat familar kedengar cuma dongeng dan legenda kalo jenis yg lainnya saya baru tau setelah membacanya disini :)
Trims ya mbak

Cilembu thea delete 28 October 2014 at 01:11

tadi soer anak gadisku nanya soal pengertian dan jenis dongeng rupanya dia dapet tugas dari SD nya. untung saya kesini, kan

EKA IKHSANUDIN delete 28 October 2014 at 01:47

Penjelasan tentang pengertian dongeng dan Jenisnya lengkap sekali ya mba, saya paling suka baca dongeng legenda dan fabel hehhee...

Aan Rusmanto delete 28 October 2014 at 02:27

ternyata dongeng juga jenis-nya yak!!!

Achmad Fazri delete 28 October 2014 at 05:44

zaman yang semakin modern, dongeng smakin terpinggirkan akibat teknologi gadget, anak-anak yang dulunya dibacakan cerita dongeng saat mau tidur, sekarang malah di jejali gadget buat bermain game...sungguh ironis ya... saya baru tau kalau dongeng itu terbagi ke beberapa jenis :)

#walidin.net delete 28 October 2014 at 06:14

sekarang mah jarang orang tua yang mendongeng ya..

Wong Crewchild delete 28 October 2014 at 06:15

sperti pelajaran jaman sd ato smp dulu yah :)

dea aulia delete 28 October 2014 at 08:55

Banyak pesan dan pelajaran yang terkandung dalam sebuah dongeng, terutama saat mendongeng ke anak kita tercinta

Devy Indriyani delete 28 October 2014 at 09:04

cerita pengantar tidur sewaktu masih kecil dulu, cerita dongeng sikancil yang selalu menipu dengan segala car kelicikannya membodohi binatang-binatang lain yang ingin memangsanya.

MAz Mawan delete 28 October 2014 at 09:23

sedikit mengerti nih ttg hal diatas.. sudah lama tidak belajar bindo :D

Ainnul Yaqin delete 28 October 2014 at 10:58

Ehhh asikk ternyata saya disini dapet pertamax yah hihi

Mbak Susi delete 28 October 2014 at 14:53

Tadinya saya pikir bando :)

Mbah dinan delete 28 October 2014 at 18:48

sekarang jarang sekali terdengar dongen seperti dulu. padahal itu bagus untuk perkembangan kepribadian anak. yang ada anak disuguhi sinetron yang sama sekali tidak mendidik. ok makasih infonya gan. ditunggu silaturrahmi baliknya. makasih.

siti aminah delete 28 October 2014 at 21:08

hehe iya gan :D

siti aminah delete 28 October 2014 at 21:10

Yups sama-sama mbak :D

siti aminah delete 28 October 2014 at 21:15

Untung ya gan :D , senang juga bisa membantu tugas anak agan

siti aminah delete 28 October 2014 at 21:17

Kalau saya suka baca yang legenda doang mas

siti aminah delete 28 October 2014 at 21:21

Iya gan

siti aminah delete 28 October 2014 at 21:27

iya gan. kalau dulu mau tidur dibacain dongeng kalau sekarang tinggal kasih gadget

siti aminah delete 28 October 2014 at 21:29

iya gan

siti aminah delete 28 October 2014 at 21:30

Iya gan

siti aminah delete 28 October 2014 at 21:33

yups bener banget mbak

siti aminah delete 28 October 2014 at 21:34

ya mbak ceritanya sangat popular

siti aminah delete 28 October 2014 at 21:35

haha, untung aja nggak dikira bundo tadi

siti aminah delete 28 October 2014 at 21:42

Oke gan :D

Ai Wida delete 30 October 2014 at 07:56

Aku lebih suka cerita tentang mite mbak hehe

siti aminah delete 30 October 2014 at 13:27

kalau mite sekarang juga banyak di tayangin di tv

EXPO CPNS BUMN delete 27 May 2015 at 11:45

Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat anak saya. hehe
Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja BANK Terbaru

Silahkan tuliskan komentar sobat dan mohon jangan menampilkan link aktif

 
Back To Top