Minahsmk1

Wednesday, 17 December 2014

Penyebab Dan Solusi Komputer Restart Sendiri

Kenapa ya komputer saya sering restart sendiri?, pasti anda yang mengalami masalah komputer restart sendiri akan menanyakan pertanyaan seperti itu kepada teman anda yang di anggap lebih paham di bidang teknologi.

Memang komputer yang restart sendiri akan menimbulkan rasa takut di dalam diri kita. Takutnya komputer/laptop yang restart sendiri itu merupakan gejala yang dapat menyebabkan komputer/laptop kita rusak. Selain itu komputer atau laptop yang restart sendiri juga sangat menyebalkan, misalnya saat kita sedang browsing di internet tiba-tiba restart, pasti membuat kita kesal bukan?.

Kebanyakan pengguna tidak mengetahui penyebab dari komputer/laptop yang sering restart sendiri ini. Sebenarnya permasalahan ini bisa di sebabkan dari hardware dan sistem software komputer/laptop. Lalu apa sajakah penyebab komputer restart sendiri dan bagaimana cara mengatasinya?
Penyebab Dan Solusi Komputer Restart Sendiri

Penyebab Dan Solusi Komputer Restart Sendiri

1. Infeksi dari virus. Terkadang infeksi dari virus juga dapat menyebabkan komputer restar sendiri. Untuk mengatasi hal ini, silahkan anda coba untuk scan komputer anda dengan antivirus yang di anggap paling ampuh dan paling update.

2. Kalau virus tidak ditemukan. Coba anda cek scheduled task pada windows. Perhatikan apakah ada perintah untuk restart. Terkadang software yang baru saja di install gagal memerintah hardware dan restart. Untuk membuka scheduled task klik start - accessories - system tool. Kalau bisa uninstall saja software terakhir yang anda install, misalnya anda menginstall sebuah software, tiba-tiba setelah menginstall software tersebut komputer sering restart. Jadi, anda uninstall software tersebut.

3. Panas yang berlebihan pada processor bisa menyebabkan mainboard merestart komputer dengan sendiri. Kalau memang panas penyebabnya, anda bisa membeli kipas anging yang di khususkan untuk laptop atau membeli fan casing tambahan agar aliran udara lebih lancar dan segar.

4. Kalau masih restart juga. Cek konsumsi listrik CPU. Power supply tipe lama biasanya tidak bisa menyalakan mainboard dengan processor LGA sehingga jika tetap di paksakan komputer akan restart sendiri atau bahkan tidak mau menyala lagi pada saat komputer bekerja keras. Jadi, solusinya coba anda ganti power supply dengan merek yang lebih bagus dan terpercaya. Biasanya standar yang di butuhkan adalah 450 W murni, bukan tulisan pada label.

5. Jika semua langkah di atas sudah dilakukan, tetapi komputer masih tetap restart sendiri. Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah membawa ke service komputer. Karena dikhawatirkan terjadi kerusakan pada mainboard. Hal ini hanya bisa di selesaikan oleh teknisi komputer saja. Jika masi ada garansi, bawa saja ketempat anda membeli komputer/laptop.

Mungkin ini saja yang dapat saya sampaikan mengenai Penyebab Dan Solusi Komputer Restart Sendiri. Semoga dengan cara ini berhasil dan membantu anda/
Previous
Next Post »

4 komentar

IQROZEN delete 17 December 2014 at 22:42

Alhamdulillah dulu pernah ngalami tapi sekarang sudah kagak pernah lagi...

Neng Auni delete 17 December 2014 at 22:43

Wah Neng kagak ngalami jadi perlu siap-siap saja atuh...

siti aminah delete 20 December 2014 at 17:31

alhamdulillah

siti aminah delete 20 December 2014 at 17:32

Semoga aja nggak pernah ngalami

Silahkan tuliskan komentar sobat dan mohon jangan menampilkan link aktif

 
Back To Top