Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer Lemot

Semua orang pasti akan sangat kesal jika komputernya lemot atau lambat. Karena jika komputer lemot, semua pekerjaan yang harus kita selesaikan dengan cepat jadi terbengkalai dan tentunya kita akan di rugikan. Mana ada orang yang rugi bahagia, pasti semuanya yang merasa dirugikan akan kesal.

Mungkin banyak orang yang sudah mengalami hal ini, dan tidak terkecuali anda yang berkunjung ke postingan ini. Pastinya anda yang berkunjung ke postingan saya kali ini komputer-nya lemot juga bukan?.

Kebanyakan orang kalau sudah komputernya lambat, pasti akan membawa ke tukang service atau teman yang paham tentang komputer dan bahkan yang lebih parahnya lagi ada yang langsung install ulang OS pada laptop/komputernya, padahal sering install ulang itu banyak sekali dampaknya, kalau nggak percaya silahkan baca postingan saya yang kemarin Dampak Sering Install Ulang Laptop/PC .

Nah, kalau dibawa ke tukang service, membutuhkan biaya lagi bukan. Jadi, dari pada anda repot-repot harus mengeluarkan biaya sebaiknya anda baca postingan saya kali ini, yang membahas mengenai Penyebab Komputer Lemot dan tentunya tidak hanya penyebabnya saja yang saya akan tetapi juga Cara Mengatasi Komputer Yang Lemot akan saya bahas disini.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer Lemot

Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer Lemot

1. Kecilnya Kapasitas Memory
Sebelum anda menginstall sistem operasi atau software lain pada komputer anda, sebaiknya anda sesuaikan dengan kapasitas RAM komputer yang anda miliki. Jika anda menggunakan komputer intel pentium 4 dan ingin menggunakan OS windows XP atau aplikasi standar lainnya sebaiknya yang anda harus lakukan adalah meng-upgrade RAM terlebih dahulu minimal hingga 1 GB.

2. Banyak Aplikasi yang Terinstall
Kalau yang satu ini pasti anda sudah menyadari, memang aplikasi yang terlalu banyak di install di komputer juga dapat membuat komputer menjadi lemot. Hal ini dikarenakan, aplikasi tersebut juga memakan kapasitas memory yang ada. Jadi, sebaiknya jika banyak program yang terinstall pada komputer anda dan tidak digunakan sebaiknya anda uninstall saja.

3. Terlalu Banyak Program yang Berjalan Saat Startup
Poin ketiga ini masih berkaitan dengan poin kedua, karena jika anda menginstall banyak program, maka program tersebut akan berjalan saat proses statup, jadi jika anda sudah meng uninstall program yang tidak penting. Sebaiknya anda juga mematikan startup beberapa program yang tidak diperlukan saat komputer pertama kali di nyalakan.

Untuk mematikannya cukup mudah, anda hanya perlu menekan lambang windows pada keyboard + R kemudian ketikan msconfig, lalu pergi ke tab startup dan silahkan anda hilangkan tanda centang pada aplikasi yang tidak anda inginkan berjalan pada saat starup.

4. Temporary File Membengkak
Temporary File Membengkak ini akan memakan ruangan pada memory. Jadi, cara ampuh untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan disk clean up. Jika anda belum tahu caranya silahkan baca postingan saya yang ini Cara Defrag Dan Cleanup Harddisk Di Windows 7.

5. Terlalu Banyak Menginstall Prorgam Security
Terlalu banyak menginstall program security atau antivirus juga dapat meperlambat kinerja komputer, karena program security ini akan selalu berjalan untuk menjaga komputer dari virus. Jadi, sebaiknya instal 1 atau maksimal 2 antivirus saja. Karena yang terpenting bukan banyaknya antivirus yang di install melainkan update-nya antivirus yang digunakan. Jadi, jika antivirus yang anda gunakan sudah di update maka kemungkinan akan terjangkit virus akan sangat kecil.

6. Masalah yang Terjadi Pada Hardisk
Selain RAM, penyebab komputer menjadi lelet bisa juga disebabkan oleh hardisk. Biasanya komputer yang lambat disebabkan oleh rusaknya hardisk komputer, misalnya
  • Rpm hardisk menurun karena sudah terlalu lama
  • Bad sector pada hardisk
  • Terjadi fragmentasi pada hardisk
  • Low space hardisk 
Jika komputer kambaat karena masalah hardisk, berikut cara mengatasinya
  • Gunakan Too checkdisk untuk memperbaiki kerusakan pada hardisk
  • Lakuakan defrag dan cleanup hardisk secara rutin
  • Upgrade kapasitas dengan mengganti hardisk
  • Hindari hardisk dari benda magnet, debu, panas dan goncangan berlebihan
Itulah beberapa penyebab komputer anda menjadi lemot dan cara mengatasinya. Semoga dengan ini dapat membantu sedikit atau bahkan banyak, sehingga komputer anda yang lemot menjadi lebih ringan lagi saat digunakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

APA ITU AGROTEKNOLOGI?

Cara Menghilangkan Redirect Pada Template

Cara Menampilkan Subtitle Film di Android