Minahsmk1

Tuesday, 30 August 2016

Karakteristik Wirausaha yang Mandiri

Karakteristik wirausaha yang baik akan membawa anda kearah kebenaran, keselamatan serta meningkatkan derajat dan martabat. Seorang wirausaha harus dapat bekerja sama dengan lingkungan, keluarga, teman, atasan, bawahan, guru sehingga akan terbentuk kebiasaan-kebiasaan yang positif yang akan menjadi sebuah karakter.

Karakteristik Wirausaha yang Mandiri

Karakteristik wirausaha mandiri yang perlu dimiliki dan perlu dikembangkan adalah sebagai berikut

  1. Kerja keras dan kerja cerdas.
  2. Disiplin dan percaya diri.
  3. Berwatak baik dan luhur.
  4. Mandiri dan realistis.
  5. Berfikir prestatif dan tidak mau menjadi orang yang biasa saja.
  6. Komitmen yang tinggi dan konsisten.
  7. Dapat mengendalikan emosi (strong emotional attachment).
  8. Tidak ingkar janji dan tepat waktu.
  9. Berpikir positif dan bertanggung jawab.
  10. Memperhitungkan risiko yang akan terjadi dan tidak gegabah.
  11. Tahu kebutuhan orang lain, peka serta intuitif.
  12. Bisa bekerja sama dengan orang lain dan disukai.
  13. Bisa membangun tim dan bekerja dalam tim.
  14. Seorang motivator yang hebat untuk diri sendiri dan orang sekitarnya.
  15. Selalu berpikir ada jalan keluar (Problem Solver).
  16. Mempunyai keinginan berprestasi tinggi (high achiever) serta tidak cepat merasa puas diri.
  17. Bisa merencanakan, bisa bertindak, dan mengerjakannya.
  18. Visioner atau berpandangan jauh kedepan
  19. Punya determinasi (keteguhan hati) yang tinggi dan kuat dalam prinsip
  20. Punya integritas yang tinggi (tidak plin-plan)
  21. Total dalam bekerja dan tidak mau setengah-setengah atau seenaknya saja.
Agar lebih jelas lagi, simak uraian berikut ini tentang karakteristik wirausaha menurut Bygrave seorang pakar kewirausahaan yang terkenal dengan 10 D.

a. Dream (mimpi)
Tidak ada wirausaha yang tidak punya mimpi, dan akan lebih sukses lagi bila mempunyai visi dan misi kedepan disertai dengan kemampuan untuk mewujudkannya.

b. Decisiveness (ketegasan)
Seorang wirausaha mempunyai hasrat ingin maju, tegas, energik, penuh semangat dan tidak bekerja lambat. Setiap keputusan yang diambil selalu diperhitungkan. Kecepatan dan ketepatan merupakan faktor kunci dalam kesuksesan bisnisnya.

c. Doing (bertindak)
Wirausaha tidak suka menunda pekerjaan dan selalu menindaklanjuti keputusan yang telah dibuat, mempunyai kecepatan dan tenaga ekstra dalam bertindak dibanding yang lain

d. Determination (ketetapan hati/kebulatan tekad)
Seorang wirausaha mempunyai keteguhan hati serta rasa tanggung jawab yang tinggi sehigga tidak pernah menyerah begitu saja ketika menghadapi persoalan.

e. Dedication (pengabdian)
Seorang wirausaha yang cerdas itu mempunyai dedikasi yang tinggi terhadap bisnisnya, karena dedikasi yang tinggi maka kesuksesan akan selalu menghampirinya

f. Devotion (kecintaan/kesetiaan)
Bisnis akan menyita banyak waktu, pikiran, tenaga, energi, fokus dan semangat seorang wirausaha, sehingga Ia harus mencintai pekerjaanya dan pandai membagi waktu.

g. Details (terperinci)
Untuk mencapai kesuksesan, wirausaha harus berpikir detail (terperinci) karena ketika menjalankan usaha, aspken keuangan dan perencanaan strategi memerlukan pemikiran secara detail.

h. Destiny (nasib)
Wirausaha membutuhkan keberuntungan dan ia harus mulai berusaha untuk memprediksi kapan keberuntungan itu datang menghampirinya. TIME (time, intuition, momentum, effort) adalah waktu keberuntungan. Keberuntungan membutuhkan Timing (waktu yang tepat), Intuition (intuisi/gerak hati yang terus dilatih), Momentum (saat yang tepat), dan Effort (usaha agar timing, intuition, momentum, dan effort dapat terjadi kebersamaan)

i. Dollars (materi/uang)
Seorang wirausaha sangat memperhitungkan nilai waktu, tenaga, pikiran, strategi dan usaha ditinjau dari nilai mata uang tetapi hindari menjadi seorag wirausaha yang materialis karena itu berbahaya.

j. Distribute (menyalurkan/mendistribusikan)
Wirausaha yang baik selalu berorientasi untuk memberi dan mendistribusikan kesuksesannya, filosofinya, kepemilikannya, ilmunya, uang yang dimilikinya untuk kesejahteraan para karyawan dan tentunya mendistribusikan kemampuan, ide, saran dan inspirasi kreatifnya untuk membantu mengembangkan bisnis agar pelanggannya senantiasa setia dan selalu membeli barang dan jasa.

Nah, saya rasa cukup sampai disini saja pembahasan mengenai Karakteristik Wirausaha yang Mandiri, semoga saja artikel kali ini bemanfaat bagi anda yang membacanya.
Previous
Next Post »

Silahkan tuliskan komentar sobat dan mohon jangan menampilkan link aktif

 
Back To Top