Minahsmk1

Monday, 11 May 2015

Penyebab Komputer Not Responding dan Cara Mengatasinya

Setiap pengguna komputer pasti pernah mengalami yang namanya not responding saat menjalankan sebuah aplikasi di komputer. Mungkin kalian bertanya, mengapa bisa terjadi not responding ini? kalau menurut pengalaman saya, selama menggunakan komputer, biasanya not responding terjadi ketika kita sedang menjalankan aplikasi yang berat dengan spesifikasi tinggi.

Tapi jika not responding terjadi secara terus menerus, padahal kita hanya menjalankan aplikasi yang biasa saja, ini yang perlu anda perhatikan lagi karena bisa jadi penyebab komputer not responding atau hang kali ini adalah virus.

Untuk lebih jelasnya mengenai apa saja yang menjadi penyebab komputer mengalami not responding dan bagaimana cara mengatasinya, anda bisa baca beberapa ulasan berikut

1. Terlalu Banyak Aplikasi yang Terinstall
Mengapa terlalu banyak menginstall aplikasi pada komputer menjadi penyebab not reponding pada komputer? hal ini karena jika terlalu banyak aplikasi maka komputer akan lebih sulit dan semakin berat untuk meload semua aplikasi tersebut, terlebih lagi jika aplikasi tersebut memiliki ukuran dan spesifikasi yang tinggi maka hardisk komputer pun akan menjadi penuh juga .

Jadi, solusinya jika anda merasa telah menginstall aplikasi terlalu banyak, sebaiknya anda uninstall saja sebagian aplikasi yang benar-benar tidak dibutuhkan

2. Terlalu berlebihan menghias komputer
Penyebab Komputer Not Responding dan Cara Mengatasinya

Menghias tampilan komputer dengan berbagai hal seperti widget, skin pack, membuat shortcut aplikasi yang berlebihan, juga bisa menjadi penyebab komputer selalu not responding, ini disebabkan karena RAM akan dipaksakan untuk lebih bekerja ekstra untuk meload tampilan komputer anda.

Jadi, jika anda tidak ingin komputer selalu mengalami not responding lagi, ada baiknya gunakan saja tampilan yang sederhana dan standar untuk desktop.

3. Aplikasi yang Tidak Kompatibel
Maksud dari aplikasi yang tidak kompatibel yaitu aplikasi yang tidak diperuntukan untuk windows yang anda gunakan sekarang ini, misalnya aplikasi tersebut sebenarnya harus di gunakan di windows 7, tapi anda menggunakannya di windows 8.

Jadi, ada baiknya sebelum menginstall sebuah aplikasi anda periksa terlebih dahulu untuk windows versi berapa saja aplikasi tersebut.

4. Terlalu Banyak Menjalankan Aplikasi Secara Bersamaan (Multitasking)
Penyebab Komputer Not Responding dan Cara Mengatasinya

Ketika sedang menggunakan komputer, pastinya kalian pernah menjalankan aplikasi secara bersamaan. Memang sih, dengan menjalankan secara bersamaan dapat mempercepat pekerjaan yang kita lakukan. Tapi coba anda pikirkan lagi, untuk menjalankan semua aplikasi tersebut tentunya RAM juga akan semakin ekstra dalam bekerja dan dampaknya pasti akan not responding juga.

Jadi, sebaiknya anda jalankan saja aplikasi yang memang benar-benar penting menurut anda.

5. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan Pada Saat Stratup
Jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan secara otomatis pada saat anda mulai menyalakan komputer maka akan mengambil terlalu banyak resource memori, maka komputer anda akan mengalami not responding.

Jadi, sebaiknya anda periksa saja daftar startup yang sedang berjalan, untuk melakukan pemeriksaan silahkkan anda tekan Win + R kemudian ketikan "mscofig" dan tekan enter. Setelah memasuki jendela Sistem Konfigurasi silahkan anda pilih tab Startup dan hilangkan cetang pada aplikasi yang and kira tidak penting untuk dijalankan pada saat startup.

6. Virus dan Malware
Sudah pasti bahwa virus dan malware akan turut andil dalam penyebab komputer mengalami not responding. Jadi, satu-satunya cara untuk mengatasi virus ini yaitu dengan menggunakan antivirus terbaik dan selalu di update.

Nah, itulah biasanya yang menjadi penyebab komputer sering hang atau not responding jadi untuk mengatasinya silahkan anda ikuti saja saran yang sudah saya berikan diatas. Semoga saja postingan ini membantu anda dalam mengatasi masalah not responding pada komputer anda masing-masing.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Ara AnggARA delete 1 July 2015 at 17:30

yang bahaya kayaknya virus dan malware ya

saya juga sering tuh not responding pas buka mozila tapi hanya sebentar doang udah tuh jalan lagi dengan mulus

Silahkan tuliskan komentar sobat dan mohon jangan menampilkan link aktif

 
Back To Top