Cara Menampilkan Widget Hanya di Homepage/Postingan

Setelah selesai mengatur ulang tata letak iklan, popular post dan widget google plus, saatnya kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu yang saya ketahui. Selain untuk berbagi, postingan kali ini juga menjadi arsip saya, mana tahu dilain waktu saya lupa dan membutuhkannya kembali. Jadi, tinggal buka ulang postingan ini saja.

Jadi, pada postingan kali ini saya akan memberitahukan bagaimana cara membuat/menampilkan widget yang berbeda pada saat pengujung membuka homepage dan postingan.

Pastinya anda pernah berkunjung ke sebuah blog dan ketika anda berada di homepage dan postingan anda akan menemukan widget yang berbeda. Contohnya di homepage blog terdapat widget popular post dan google plus, sedangkan di halaman postingannya terdapat popular post, label, iklan dan google plus.

Untuk membuat widget berbeda pada halaman postingan dan homepage silahkan ikuti langkah di bawah.

Sebelum menuju ke langkah-langkahnya, saya jelaskan dulu bahwa disini saya mencontohkan menampilkan ukuran iklan yang berbeda di homepage dan postingan, untuk widget popular post atau label saya akan bahas pada postingan selanjutnya.

Menampilkan hanya di Homepage saja
1. Masuk ke tata letak
2. Tambah Gaddget - pilih HTML/Javascript - pastekan script iklan dan simpan
3. Setelah disimpan buka kembali dan lihat pada urlnya, lihat tulisan yang saya blog dan copy tulisan tersebut.
Cara Menampilkan Widget Hanya di Homepage/Postingan

4. Klik template, lalu edit html dan cari kode yang sudah di copy tadi dengan menggunakan Ctrl + F
5. Pada gambar di bawah, kode masih belum tampil sepenuhnya, jadi untuk menampilkan klik tanda titik-titik.
Cara Menampilkan Widget Hanya di Homepage/Postingan

6. Script html awalnya, akan terlihat seperti gambar di bawah
Cara Menampilkan Widget Hanya di Homepage/Postingan

7. Kemudian tambahkan script dibawah ini
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>Kode widget</b:if>
Sehingga hasilnya akan seperti ini
 <b:widget id='HTML2' locked='false' title='' type='HTML'>
    <b:includable id='main'>
  <b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'><!-- only display title if it's non-empty -->
  <b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
    <h2 class='title'><data:title/></h2>
  </b:if>
  <div class='widget-content'>
    <data:content/>
  </div>
</b:if></b:includable>
  </b:widget>
8. Silahkan anda simpan.

Menampilkan widget hanya pada postinga

Untuk menampilkan widget hanya pada postingan, langkah yang di gunakan sama seperti diatas, hanya saja script yang di tambahkan berbeda. Berikut script yang harus di tambahkan jika ingin menampilkan widget hanya pada halaman postingan.
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>Kode widget
</b:if>
Selesai, silahkan anda coba sendiri cara di atas dan semoga postingan ini dapat membantu anda. Terima kasih atas kunjungannya. Salam.

Komentar

Aunillah mengatakan…
Subhanallah ini yang sedang saya cari neh... makasih ijin comot ilmunya...
Anonim mengatakan…
sukses gan 100000000% terima kasih banyak gan
moga selalu sukses
Unknown mengatakan…
Silahkan di comot gan :D
Unknown mengatakan…
Masama. Amin :D

Postingan populer dari blog ini

APA ITU AGROTEKNOLOGI?

Cara Menghilangkan Redirect Pada Template

Cara Menampilkan Subtitle Film di Android