Cara Backup dan Restore Aplikasi Android

Cara Backup dan Restore Aplikasi Android - Sebagai orang yang menggunakan ponsel berbasin android tentunya anda memiliki aplikasi-aplikasi favorit bukan?. Agar aplikasi tersebut tidak hilang saat anda melakukan update ponsel android ke ROM yang baru atau pada saat anda mereset kesistem bawaan asli, tentunya yang harus anda lakukan adalah memindahkan semua file apk yang ada pada android ke komputer.

Sebenarnya, ada banyak sekali aplikasi yang dapat kita gunakan untuk membackup dan merestore aplikasi android, namun kebanyakan aplikasi hanya dapat membackup/merestore satu persatu aplikasi.

Kalau soal backup/restore akan lebih baik jika membackup ke komputer dari pada ke memory card yang ada pada ponsel. Karena dengan memindahkan ke komputer akan terasa lebih aman dan cepat. Agar proses backup/restore lebih mudah, kita gunakan aplikasi yang dapat membantu proses ini yaitu aplikais "APK Batch Installer".

Jadi, sebelum anda mengupdate ke ROM baru yang harus anda lakukan adalah

1. Downliad aplikasi APK Batch Installer
2. Jalankan aplikasinya
3. Jangan lupa untuk mengaktifkan USB debug mode pada perangkat android
4. Sambung ponsel ke komputer menggunakan USB
5. Jika ponsel android sudah di root, kita dapat menggunakan akses wifi untuk mendownload aplikasi adbWireless dari Google play, sebagai aplikasi bantuan tambahan.
6. Pada tampilan utama APK Batch Installer, beri centang pada "ADB Wireless Link"
7. Jika ingin membackup cukup mencetang “Batch backup APK” dan tetukan tempat penyimpanan dengan menekan browse
Cara Backup dan Restore Aplikasi Android

8. Namun, jika ingin melakukan restore aplikasi yang sudah di pindahkan ke komputer maka tekan “Batch install APK” maka aplikasi akan di restore dari komputer ke android.

Cara Backup dan Restore Aplikasi Android

Sampai disini saja postingan mengenai Cara Backup dan Restore Aplikasi Android, semoga dapat membantu anda dan bermanfaat.

Komentar

Aunillah mengatakan…
Nah yang pegang android buruan bookmark neh tipsnya..
Unknown mengatakan…
Silahkan di bookmark gan :)

Postingan populer dari blog ini

APA ITU AGROTEKNOLOGI?

Cara Ampuh Menyadap Android Tanpa Root

Cara Menghilangkan Redirect Pada Template