Minahsmk1

Monday, 2 February 2015

Cara Memilih Hardisk Eksternal Yang Bagus

Banyak sekali media penyimpanan data yang dapat kita gunakan. Selain flashdisk, ada juga media penyimpanan data yang lain dengan kapasitas yang lebih besar yaitu hardisk. Untuk hardisk ini, memiliki dua jenis yaitu internal dan eksternal. Pastinya sobat sudah tahu kan perbedaan antara kedua jenis hardisk tersebut?

Saya yakin sobat sudah tahu. Jadi, disini saya tidak akan membahas lagi perbedaan antara keduanya. Tapi pada postingan kali ini saya akan lebih mengarah ke pembahasan Hardisk Eksternal atau lebih tepatnya bagaimana cara memilih Hardisk Eksternal.
Cara Memilih Hardisk Eksternal Yang Bagus

Untuk anda yang ingin membeli hardisk eksternal, sebaiknya anda baca postingan ini sampai selesai, kali aja bisa membantu anda nantinya ketika ingin memilih hardisk yang ingin anda beli. Langsung saja ke pembahasan berikut Cara Memilih Hardisk Eksternal Yang Bagus 

1. Sesuaikan dengan Sistem Operasi yang di Gunakan
Sebelum anda memilih hardisk sebaiknya anda perhatikan dulu jenis perangkat yang anda gunakan, misalnya PC atau MAC. Karena antara PC dan MAC memiliki perbedaan, dimana dalam format hardisk PC berbasis windows akam menggunakan hardisk berformat NTFS sedangkan untuk MAC memakai HFS+. Jadi, dengan memperhatikan jenis sistem operasi sebelum membeli hardisk juga meruakan hal yang peting.

2. Kapasitas Hardisk
Sebelum membeli hardisk, ada baiknya anda perhitungkan jumlah data yang anda miliki dengan kapasitas hardisk yang anda akan beli, jangan sampai nantinya anda salah membeli hardisk sehingga kapasitasnya tidak dapat menampuung file yang anda miliki. 

Saran saya, jika anda memiliki uang yang lebih ada baiknya anda memilih hardis yang lebih besar kapasitasnya. Karena biasannya semakin besar kapasitas hardisk akan semakin murah harganya. Misalnya hardisk dengan kapasitas 500 MB memiliki harga 700 ribu dan yang 1 TB biasanya harganya tidak akan mencapai 1,4 juta melainkan 1 juta saja.

3. Kecepatan Rotasi Hardisk Eksternal
Maksud dari kecepatan rotasi disini adalah kecepatan perputaran yang ada pada piring hardisk eksternal, karena semakin cepat perputarannya maka akan semakin cepat juga proses baca tulis pada hardisk sehingga akan semakin baik kinerja hardisk tersebut.

Untuk memilih hardisk berdasarkan kecepatannya, sebaiknya anda pilih yang memiliki kecepatan 7200 RPM saja, karena kecepatan tersebut sudah cukuplah untuk melakukan pemindahan data.


Saya kira cukup sampai disini pembahasan mengenai Cara Memilih Hardisk Eksternal Yang Bagus , semoga postingan ini dapat membantu sobat yang sedang memilih hardisk eksternal.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Abu Zaini delete 3 February 2015 at 05:49

Saya pengen beli hardisk tetapi belum kesampaian eh ada tips keren nih bisa dijadikan rujukan kelak... makasih ya...

Silahkan tuliskan komentar sobat dan mohon jangan menampilkan link aktif

 
Back To Top