Minahsmk1

Monday, 8 December 2014

Cara Mereset Bios Motherboard Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tips yang sangat sederhana namun memiliki manfaat yang luar biasa. Tips yang saya akan bagikan disini yaitu Cara Mereset Bios Motherboard. Apa sih fungsinya dari reset Bios ini?, mungkin anda para pemula dan termasuk juga saya tidak tahu fungsi dari mereset bios waktu mendengar pertama kalinya.

Apakah anda pernah mengalami hal semacam ini, yaitu komputer anda tidak bisa booting? Jika pernah disinilah letak fungsi dari mereset bios dengan mereset bios maka masalah dari tidak bisa booting pada komputer anda akan teratasi. Caranya cukup mudah anda hanya perlu meng-clear battery CMOS. Mungkin untuk sebagian orang tidak tahu tentang masalah pada komputer, sehingga jika terjadi masalah seperti ini, langsung saja membawa ke tempat service. Padahal masalahnya tidak terlalu rumit. Makanya saya sarankan jika terjadi masalah pada komputer anda searching aja di google.

Cara Mereset Bios Motherboard Dengan Mudah

Ok, langsung saja ke topik pembahasan, jika anda ingin mereset atau meng-clear Bios caranya seperti berikut

1. Melepas dan Memasang Kembali Battery CMOS

Dengan melepas batterry CMOS selama 15 menit lalu memasang kembali dapat membuat setting Bios (reset Bios) anda kembali seperti semula atau seperti default dari pabrik


2. Dengan Menggunakan Jumper Motherboard Komputer Anda

Untuk semua merek PC Dekstop pastinya memiliki Jumper CMOS dan Jumper ini biasanya letaknya berdekatan denga battery CMOS. Jumper CMOS ini terdapat tiga PIN dan jumper akan berhubungan dengan PIN yang letaknya dibagian tengah dengan salah satu PIN yang dibagian lain.

Lalu yang perlu anda lakukan adalah lepaskan jumper, kemudian anda pasang PIN yang tengah ke PIN lain yang ketaknya berlawanan, misalnya pada awalnya PIN yang tengah berhubungan dengan yang sebelah kiri. Maka lepaskan jumper dan pasang jumper antara PIN yang letaknya diengan dengan PIN yang sebelah kanan. Tunggu sekitar beberapa menit, 8 menit cukuplah kira-kira. Setelah itu kembalikan lagi pada posisi semula.

Selesai tips kali ini, semoga tips ini dapat membantu anda dan membuat anda tidak perlu mengeluarkan uang hanya untuk membayar si tukang service.
Previous
Next Post »

2 komentar

Ipah Kholipah delete 9 December 2014 at 13:25

menyimak ya mba hehe

siti aminah delete 20 December 2014 at 17:40

silahkan mba

Silahkan tuliskan komentar sobat dan mohon jangan menampilkan link aktif

 
Back To Top