Cara Mencegah Hardisk Terkena Bad Sector

Perangkat komputer yang rawan terjadi kerusakan salah satunya adalah hardisk, kebanyakan pengguna komputer mengalami kerusakan pada komputernya yang disebabkan oleh hardisk yang rusak. Sebenarnya dalam menjaga hardisk tidak sulit, namun terkadang para pengguna malas untuk menjaga perangkat yang satu ini.

Salah satu kerusakan pada hardisk yang paling sering dialami oleh banyak komputer adalah bad sector. Bad sector ini biasanya disebabkan oleh banyak faktor misalnya arus listrik yang tidak stabil, power supply yang bermasalah atau tidak bagus, komputer sering mati mendadak baik karena listrik mati atau karena di matikan dengan cara menekan pada tombol power.

Cara Mencegah Hardisk Terkena Bad Sector

Jika anda tidak ingin hardisk anda terkena bad sector sebaiknya anda hindari hal yang saya sebutkan di atas dan juga anda pertimbangkan hal yang akan saya tuliskan di bawah ini. Berikut tips Cara Mencegah Hardisk Terkena Bad Sector

1. Gunakan UPS
UPS ini berguna agar pada saat terjadi pemadaman listrik komputer tidak langsung mati, jadi anda masih memiliki waktu untuk men-shut down komputer dan usahakan ketika membeli UPS beli lah yang berkualitas, walaupun harganya agak mahal tapi dapat menjamin tahan lama-nya UPS saat digunakan.

2. Perhatikan Suhu Pada Casing
Hardisk sangat renta terhadap panas, jadi sebaiknya anda perhatikan suhu casing disekitar hardisk, jangan sampai suhunya terlalu panad san pastikan sirkulasi udara-nya baik disekitar hardisk

3. Minimalkan Listrik Statis
Mungkin anda pernah tersentrum saat menyentuh komputer. Untuk melakukan pencegahan agar tidak terulang lagi anda harus membuat ground kabel yang disambungkan pada paku yang sudah terpasang pada tanah atau tembok. Saat melakukan hal ini sebaiknya anda hati-hati dan pastikan komputer sudah benar-benar mati.

4. Hindari Goncangan yang Kuat
Goncangan juga dapat menyebabkan hardisk terkena bad sector, jadi usahakan anda meletakan komputer dan casing atau pun laptop ditempat yang aman, yang terhindar dari goncangan.

Mungkin sampai disini saja postingan kali ini.Semoga tips mengenai Cara Mencegah Hardisk Terkena Bad Sector yang sedikit ini dapat membantu anda.

Komentar

Unknown mengatakan…
makasih infonya,
Aunillah mengatakan…
Saya punya kisah sedih dengan hardisk yang eror padahal datanya cukup banyak dan penuh kenangan... Makasih tipsnya meski terlambat buat saya hikhikhik...
Unknown mengatakan…
Ok, sama-sama

Postingan populer dari blog ini

APA ITU AGROTEKNOLOGI?

Cara Ampuh Menyadap Android Tanpa Root

Cara Menghilangkan Redirect Pada Template