Minahsmk1

Monday, 1 December 2014

Cara Charge Smartphone Dengan Benar

Pada zaman sekarang ini, hampir semua orang dalam kegiatan apa saja membutuhkan yang namanya smartphone dan kebanyakan orang-orang tidak akan bisa berada jauh dari smartphone-nya. Sedangkan smartphone memiliki baterai yang tidak tahan lama. Sehingga anda diharuskan untuk melakukan charge pada smartphone anda.

Saat men-charge smartphone sebaiknya anda bertimbangan tips ini, agar baterai smartphone anda tidak cepat rusak atau performa baterainya tidak cepat berkurang. Berikut Cara Charge Smartphone Dengan Benar

Cara Charge Smartphone Dengan Benar

1. Hindari Charge Berlebihan 
Ini merupakan masalah yang serimg dilakukan para pengguna smartphone, yaitu sering men-charge smartphone nya secara berlebihan atau over charge. Kebanyakan orang suka men-charge smartphone nya pada malam hari sampai pagi, karena pada waktu itu smartphone tidak akan digunakan. Namun, dampak dari men-charge semalaman ini, bisa membuat baterai anda menjadi bocor dan mungkin bisa meledak.

2. Jangan Pernah Menggunakan Baterai Habis Total 
Jangan pernah menunggu baterai habis total baru di charge, karena hal ini tidak baik untuk kesehatan baterai anda. Sebaiknya charge baterai jika baterai hanya tinggal 10% - 30%. Tapi terkadang ada saatnya kita menguras habis baterai baru di charge hal ini bertujuan untuk kalibrasi baterai, namun hal ini dilakukan hanya sesekali tidak sering.

3. Gunakan Charge Bawaan atau Original
Dengan menggunakan charge yang KW dapat merusak baterai anda, karena charge yang tidak asli tersebut belum tentu menghasilkan tegangan yang sama dengan tegangan yang dihasilkan oleh charge asli, sehingga jika tegangan yang diterima tidak sesuai maka arus pengiriman daya tidak normal dan akibatnya dapat merusak bagian internal pada baterai tersebut.

4. Hindari tempat yang bersuhu tinggi
Jangan pernah meletakan smartphone yang di charge di tempat yang memiliki suhu yang tinggi atau panas dan terkena sinar matahari langsung. Hal ini karena baterai smartphone tidak didesain untuk taha terhadap suhu yang tinggi atau panas.

Sehingga jika anda masih ingin men-charge di tempat yang panas, tanggung sendiri akibatnya jika baterai smartphone anda rusak.

5. Charge langsung dari soket listrik
Dengan men-charge langsung ke soket listrik akan membuat baterai terisi secara optimal, dibandingkan men-charge menggunakan usb yang di sambungkan ke komputer atau laptop.

Previous
Next Post »

2 komentar

IQROZEN delete 1 December 2014 at 20:12

Wah yang terakhir saya agak kurang setuju apalagi sekarang zamannya pake Powerbank jadi ngecas pake PB saja... Atau sering dicolokin ke Laptop / kompi... Mana neh yang bener...

Abu Zaini delete 1 December 2014 at 20:13

Syukurnya dapat PERTAMAX

Silahkan tuliskan komentar sobat dan mohon jangan menampilkan link aktif

 
Back To Top