Minahsmk1

Monday, 3 November 2014

Penyakit Pada Alat Indera Manusia

Penyakit Pada Alat Indera Manusia  - Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Penyakit Pada Alat Indera Manusia. Manusia memiliki 5 alat indera yaitu indera penglihatan (mata), indera pendengar (telinga), indera pembau (hidung), indera pengecap (lidah) dan indera peraba (kulit).Indera tersebut memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Kelima alat indera tersebut tentunya juga bisa mengalami gangguan atau penyakit. Tahukah anda apa saja penyakit yang bisa menyerang alat indera?, berikut beberapa Penyakit yang dapat menyerang alat indera manusia

Penyakit Yang Terjadi Pada Indera Penglihatan (Mata)

1. Miopi (Rabun Jauh)
Miopi adalah suatu gangguan penglihatan yang mana penderitanya kehilangan kemampuan untuk melihat benda-benda yang letaknya jauh. Sehingga jika melihat benda dari jarak jauh, penderita miopi akan kesulitan untuk melihat benda tersebut dengan jelas. Untuk mengobati atau mengurangi tidak jelas dalam melihat penderita miopi dapat dibantu dengan kacamata yang lensanya cekung,

2. Hipertropi (Rabun Dekat)
Penderita hipertropi akan kurang jelas melihat benda-benda yang letaknya dekat. Sehingga menyulitkan si penderita ketika melihat tulisan yang dekat. Untuk membantu penderita hipertropi dalam melihat benda-benda yang dekat dapat dibantu denan menggunakan kacamata berlensa cembung.

3. Presbiopi (Mata Tua)
Gannguan penglihatan presbiopi ini umumnya dialami oleh orang lanjut usia. Penderita ini akan kesulitan untuk melihat benda yang dekat dan jauh, dengan menggunakan kacamata berlensa rangkap dapat membantu penderita presbiopi.

4. Rabun Senja
Penderita rabun senja akan kesulitan melihat benda saat terjadinya perubahan dari kondisi terang menuju kondisi yang gelap atau senja hari. Biasanya benda yang dillihat tida terlihat dengan jelas. Rabun senja ini dapat terjadi karena kekurangan vitamin A.

5. Katarak
Katarak bisa juga disebabkan karena kekurangan vitamin B. Katarak ini merupakan gangguan mata yang menyebabkan lensa mata menjadi mengeruh. Untuk menyembuhkan katarak dapat dilakukan dengan operasi katarak.

Penyakit Yang Terjadi Pada Indera Pendengar (Telingan)

1. Penumpukan Kotoran
Jika terjadi penumpukan kotoran pada telinga akan menyebabkan getaran suara yang akan masuk kegendang telingan terhalangi, sehingga pendengaran akan terganggu

2. Gendang Telinga Pecah
Hal ini dapat terjadi jika mendengarkan suara yang terlalu keras atau jika gendang telinga terkena alat yang tajam

3. Otosklerosis
Kelainan pendengaran yang terjadi pada sanggurdi dengan gejala yang ditimbulkan yaitu telinga berdenging (titinus) saat masih kecil

4. Presbikusis
Pada umumnya terjadi pada orang yang sudah lanjut usia karena rusaknya sel saraf pendengar.

Penyakit Yang Terjadi Pada Indera Pembau (Hidung)

1. Sinusitis
Penyakit yang disebabkan karena peradangan pada sinus di rongga-rongga hidung.

2. Influenza
Penyakit yang ditandai dengan gejala pilek, batuk, dan kadang-kadang suhu badan meningkat. Biasanya penyakit ini akan sembuh sendiri tanpa obat. Namun, jika berlangsung lebih dari satu minggu atau menimbulkan rasa panas, lendir, batuk sampai dengan sakit dada maka dapat dikatakan penderita terkena penyakit radang tenggorokan atau paru-paru

3. Alergi
Saat terserang alergi biasanya penderita akan mengalami bersin-bersin. Alergi ini biasanya disebabkan karena masuknya benda asing kedalam tenggorokan manusia.

4. Pilek
Biasanya terjadi disebabkan oleh virus dan dapat menular. Pilek merupakan salah satu gejala yang timbul karena influenza dan biasanya disebut juga dengan flu.

Penyakit Yang Terjadi Pada Indera Pengecap (Lidah)

1. Sariawan
 Sariawan biasanya terjadi pada lidah atau didalam mulut.berupa kelainan dengan bentuk bercak putih kekuningan, biasanya rasanya perih. Penyebab dari sariawan ini yaitu kekurangan vitamin C, zat besi, alergi,kodisi mulut yang kurang terjaga atau tidak bersih serta karena mengonsumsi minuman dan makanan panas.

2. Kanker Lidah
Kanker lidah atau juga disebut dengan kanker mulut. Biasanya terjadi ditandai dengan sariawa yang tak kunjung sembuh. Ada dua nama sel kanker pada lidah yaitu sel kanker skuamosa ujung lidah yang timbul dan terjadi diujung lidah dan sel kanker pangkal lidah adalah kanker lidah yang tejadi pada belakang atau sepertiga pangkal lidah. Kedua kanker tersebut memiliki karakteristik yang berbeda dan cara penanganannya pun berbeda pula.

3. Glosoptosis
Penyakit yang biasanya disebabkan oleh penggunaan obat kumur dengan akibat yang ditimbulkan yaitu rasa perih dan terbakar.

4. Atrophic Glossitis
Penyakit yang disebabkan karena kekurangan zat besi akibat yang ditimbulkan yaitu lidah kehilanga rasa. Ciri-cirinya lidah akan nampak mengkilap dan licin

Penyakit Yang Terjadi Pada Indera Peraba (kulit)

1. Jerawat
Jerawat biasanya timbul karena tersumbatnya pori-pori pada kulit oleh kotoran. Jerawat ini biasanya muncul di wajah, bahu, dada, punggung, leher. dan lengan atas.

2. Dermatitis
Penyakit yang ditandai dengan kulit memerah membengkak dan gatal-gatal yang merupakan penyakit peradangan pada kulit.

3. Panu
Penyakit yang timbul dikulit yang menimbulkan rasa gatal dan biasanya disebabkan oleh jamur. Panu dapat menimbulkan rasa gatal apalagi ketika terkena keringat.

4. Kudis
Biasanya terdapat pada pergelangan tangan, pinggang batas celana dan sela-sela jari tangan. Kudis timbul disebabkan oleh Sarcoptes scabiei. Penderita akan merasa gata-gatal yang luar biasa.

5. Eksim
Ditandai dengan peradangan pada kulit atau iritasi. Biasanya gejala eksim yang timbul pada kulit bervariasi seperti merasa panas dan ada juga yang merasa gatal. Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya eksim misalnya terasa gatal setelah memegang sabun.

Sekian artikel saya kali ini mengenai penyakit yang dapa menyerang alat indera manusia, semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »

1 komentar:

Achmad Fazri delete 3 November 2014 at 20:50

oh sariawan yang tidak kunjung sembuh itu bisa di katakan kanker lidah ya, ngeri sekali.

Silahkan tuliskan komentar sobat dan mohon jangan menampilkan link aktif

 
Back To Top