Menentukan Gagasan Utama Dalam Paragraf

Menentukan Gagasan Utama Dalam Paragraf - Gagasan utama merupakan ide pokok atau pernyataan yang menjadi inti pembahasan atau pikiran utama dalam bacaan. Pada sebuah paragraf selalu terdapat gagasan utama. Gagasan utama bisa terdapat pada awal paragraf atau biasa disebut juga dengan paragraf deduktif dan kalimat atau gagasan utama bisa juga di temukan di akhir paragraf atau biasa disebut dengan paragraf induktif.

Kalimat utama pada paragraf deduktif akan berada di bagian awal yang merupakan pernyataan umum dan kemudia akan di ikuti dengan pernyataan yang khusus

Contoh
Puluhan gedung sekolah di beberapa daerah di kota Jakarta dalam kondisi tidak baik. Gedung-gedung tersebut sangat tidak memungkinkan untuk di tempati pelajar. Beberapa diantaranya hampir runtuh. Kira-kira 20 gedung sekolah dasar, 40 gedung sekolah menegah pertama atau SMP dan 30 gedung sekolah menengah atas atau SMA sudah mulai rusak
Dari kalimat diatas yang termasuk pernyataan yang umum adalah "Puluhan gedung sekolah di beberapa daerah di kota Jakarta dalam kondisi tidak baik". Pernyataan umum merupakan kalimat utama. Jadi, dapat kita ketahui bahwa kalimat utama pada kalimat di atas berada di bagian awal, sehingga termasuk kedalam paragraf deduktif.

Kalimat utama pada paragraf  induktif akan berada pada bagian akhir pragraf. Pragraf induktif akan mengungkapkan pernyataan yang khusus terlebih dahulu, kemudian di ikuti dengan pernyataan yang umum.
Contoh
Penyakit jantung, paru-paru, gangguan kehamilan dan janin merupakan dampak yang akan diterima orang yang suka merokok
Pada kalimat diatas yang termasuk pernyataan umum adalah "Dampak yang diterima orang yang suka merokok". Karena pernyataan umum berada di akhir maka kalimat ini termasuk kedalam paragraf induktif dan gagasan utamanya ada pada akhir kalimat.

Catatan :
Kebanyakan kalimat utama pada paragraf akan berada pada akhir dan awal pragraf. Jadi anda perhatikan saja awal dan akhir paragraf yang mana termasuk gagasan yang umum. Gagasan umum itulah yang merupakan kalimat utamanya

Komentar

Neng & Teteh mengatakan…
Ini neh yang Neng pikir sulit atuh, huh apalagi kalo urusan opini suka kemanamana gagasannya..
Anonim mengatakan…
Saya sangat setuju dengan artikel ini, gagasan merupaka poin penting sebelum merangkai kalimat menjadi paragraf yang relevan..

Salam dari Pulau Dollar
Unknown mengatakan…
Jadi ke inget waktu masa ujian sekolah dulu nih kalau ada gagasan dalam pelajaran bahasa indonesia mhehe, thanks for sharing :)
Eka Ikhsanudin mengatakan…
Pasti sedang belajar Bahasa Indonesia ya Teh Minah hehehee....
Unknown mengatakan…
hehe iya mas
Unknown mengatakan…
iya mbak wida
Unknown mengatakan…
bener banget gan :D
Unknown mengatakan…
kadang mikirnya lama. apalagi kalau pragrafnya panjang jadi pusing mikir gagasan utamanya ya neng

Postingan populer dari blog ini

APA ITU AGROTEKNOLOGI?

Cara Menghilangkan Redirect Pada Template

Cara Menampilkan Subtitle Film di Android