Minahsmk1

Tuesday, 4 November 2014

Gangguan Pada Sistem Peredaran Darah

Sistem peredaran darah pada manusia terdiri dari darah, jantung dan pembuluh darah. Sistem peredaran darah berfungsi untuk mengangkut makanan dan zat sisa metabolisme. Sistem peredaran darah manusia juga dapat mengalami gangguang. Gangguan pada sistem peredaan darah merupakan suatu kelainan yang terjadi pada sistem peredaran darah, biasanya disebabkan oleh faktor internal atau eksternal. Serangan jantung dan penyakit stroke merupakan penyakit yang terjadi karena adanya gangguan pada sistem peredaran darah.

1. Serangan Jantung
Serangan jantung terjadi karena arteri koronaria tersumbat oleh lemak atau kolestrol sehingga tidak  dapat mengirim darah yang cukup ke sel-sel jantung. Arteri koronaria merupakan pembuluh darah yang bertugas mengaliri otot jantung dengan darah yang mengandung nutrisi dan oksigen.
Gangguan Pada Sistem Peredaran Darah

Gejala dari serangan jantung antara lain dada terasa sakit, sakit pada bagian punggung dan lengan, kepala pusing serta napas pendek.

2. Stroke
Stroke merupakan penyakit yang terjadi karena matinya jaringan di otak yang disebabkan oleh kurangnya asupan oksigen ke otak. Kurangnya asupan oksigen ke otak dapat terjadi jika salah satu pembuluh darah pada otak pecah atau pembuluh darah pada otak tersumbat.

Sebuah fakta medis menyatakan bahwa sebagian jaringan otak akan mati setelah 4-5 menit  tidak mendapatkan oksigen. Pembekuan darah pada arteri dapat menghambat aliran darah menuju ke otak.
Gangguan Pada Sistem Peredaran Darah
Pembekuan darah Pada Arteri

Stroke dapat menyebabkan penderitannya kehilangan ingatan, kehilangan kontrol kerja otot ataupun fungsi kerja saraf. Gangguan yang muncul tergantung pada lokasi dimana terjadinya kerusakan pada otak.

Itulah gangguan yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah. Hanya ini saja yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat bagi anda yang  membacanya.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Sigit Sapto delete 5 November 2014 at 02:02

thanks ilmunya,, keep update mbak!

Silahkan tuliskan komentar sobat dan mohon jangan menampilkan link aktif

 
Back To Top