Pengertian Ideologi Pancasila

Ideologi Pancasila pada kenyataan yang sebenarnya bukan hanya berasal dari suatu pemikiran seseorang atau sekelompok orang seperti pada ideologi-ideologi lain di dunia melainkan berasal dari nilai-nilai luhur dan religius bangsa Indonesia. Dengan ditetapkannya pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara maka sudah jelas bahwa ideologi pancasila buka berasalh atau mengambil dari negara lain. Namun, ideologi pancasila berakar pada budaya bangsa dan pandangan hidup bangsa Indonesia.

Pengertian dari ideologi pancasila sendiri adalah suatu aturan atau norma yang diangkat dari sila-sila pada pancasila.

Pengertian Ideologi Pancasila
Ideologi pancasila merupakan ideologi terbuka, masudnya ideologi pancasila dapat menyesuaikan dengan perkembangan negara lain yang memiliki ideologi berbeda dengan ideologi pancasila yang berlangsung dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Penyebab ideologi pancasila dapat menyesuaikan dengan perkembangan, karena pancasila memiliki nilai-nilai yaitu nilai dasar, nilai instrumental dan nilai praktis.

Karena pancasila pada hakikatnya berasal dari nilai luhur bangsa indonesia, maka pancasila berlaku untuk seluruh lapisan masyarakat dan bangsa secara keseluruhan. Karena berlaku untuk seluruh bangsa Indonesia menyebabkan pancasila memiliki ciri khas sendiri yaitu memiliki kesesuaian dengan bangsa Indonesia

Sudah dikatakan diatas tadi bahwa pancasila merupakan ideologi yang diangkat dari nilai-nilai luruh, adat istiadat, sikap religius dan kebiasaan bangsa indonesia. Bahkan kebiasaan ini sudah melekat pada diri bangsa Indonesia sebelum membentuk negara. Sebagai contoh nilai luhur bangsa Indonesia yang terdapat pada pancasila yaitu kebiasaan bangsa Indonesia saling gotong royong dan bermusyawarah. Sebagai ideologi berarti pancasila di jadikan sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia.

Komentar

Crecester mengatakan…
idologi pancasila yang sring kita lupakan
Pengetahuan Produk mengatakan…
Jadi inget masih sekolah dulu :)
ilham mengatakan…
ideologi pancasila emang paling keren, tapi sayang sering di lupakan
Unknown mengatakan…
sering terlupakan padahal berasal dari nilai luhur bangsa sendiri
Unknown mengatakan…
Sekalian mengenang masa-masa sekolah :D
Unknown mengatakan…
Usahakan sekarang jangan dilupakan lagi

Postingan populer dari blog ini

APA ITU AGROTEKNOLOGI?

Cara Ampuh Menyadap Android Tanpa Root

Cara Menghilangkan Redirect Pada Template