Pengertian Dan Penggolongan Karbohidrat

Karbohidrat merupakan contoh polimer alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, dengan rumus molekul Cn(H2O)n dan terdiri atas unsur C, H, dan O. Istilah karbohidrat ini diambil dari kata karbo dan hidrat (air). Karbohidrat juga dikenal dengan nama lain yaitu sakarida (Saccharum = gula).

Dalam kehidupan sehari-hari senyawa karbohidrat dapat kita temukan pada tumbuh-tumbuhan dan makanan misalnya, pada gula, buah-buahan, gula tebu , beras, air susu, janggung, ubi jalar, gandum singkong dan kentang.
Pengertian Dan Penggolongan Karbohidrat

Penggolongan Karbohidrat

Karbohidrat juga terdiri dari beberapa golongan. Berdasarkan jumlah sakarida yang dikandungnya, karbohidrat dapat golongkan menjadi monosakarida, disakarida dan polisakarida. Makanan yang termasuk dalam golongan monosakarida yaitu gula pasir dan buah-buahan, yang termasuk dalam disakarida adalah gula tebu dan air susu sedangkan yang termasuk kedalam golongan polisakarida adalah beras, gandum, ubi jalar, singkong, dan kentang.

Nah, bagaimanakah cara menggolongkan makanan-makanan tersebut? untuk menggolongkan makanan mana saja yang termasuk dalam monosakarida, disakarida dan polisakarida, tentunya kita harus paham dulu mengenai monosakarida, disakarida dan polisakarida. Agar lebih paham tentang monosakarida, disakarida dan polisakarida. Berikut penjelasan mengenai penggolongan karbohidat secara lebih rincinya lagi.

1. Monosakarida
Monosakarida merupakan karbohidrat paling sederhana yang tidak dapat diuraikan atau dihidrolisis menjadi kabohidrat lain. Glukosa, galaktosa dan fruktosa merupakan monosakarida penting. Glukosa banyak di temukan pada gula merah dan buah anggur, galaktosa banyak terdapat pada air susu, sedangkan fruktosa banyak terkandung pada buah-buahan.

Sifat-sifat monosakarida
  1. Mempunyai rasa manis
  2. Larut dalam air, namun tidak terhidrolisis
  3. Bersifat optis aktif
  4. Semua monosakarida adalah reduktor sehingga disebut juga gula pereduksi
2. Disakarida
Disakarida adalah karbohidrat yang terbentuk karena adanya dua reaksi monosakarida, Sakarosa, laktosa dan maltosa merupakan bagian penting dari disakarida. berikut penjelasan mengenai sakarosa, latosa dan maltosa :
  1. Sakarosa (Sukrosa = gula tebu), gula tebu merupakan karbohidrat yang termasuk dalam golongan disakarida karena terbentuk dari dua reaksi molekul monosakarida yaitu glukosa (gula) dan fruktosa (tebu)
  2. Laktosa (gula gandum), termasuk dalam golongan disakarida, bagian laktosa karena terbentuk dari reaksi dua molekul monosakarida yaitu glukosa (gula) dan galaktosa (gandum)
  3. Maltosa (gula gandum), terbentuk dari reaksi dua molekul glukosa

Sifat-sifat disakarida adalah sebagai berikut
  1. Memiliki rasa manis
  2. Larut dalam air
  3. Dapat terhidrolisis menjadi dua monosakarida sejenis maupun berbeda jenis
  4. Termasuk gula pereduksi yaitu laktosa dan maltosa karena dapat mereduksi larutan benedict
Untuk lebih lengkapnya dapat anda pahami di ulasan Pengertian dan Pembagian Disakarida Secara Ilmiah

3. Polisakarida
Polisakarida merupakan polimer dari monosakarida. Polisakarida yang penting adalah selulosa, amilum (pati) dan glikogen. Amilum dapat ditemukan dalam semua tumbuh tumbuhan yang tersimpan dalam biji dan umbi.

Senyawa pada polisakarida tidak berasa manis, dan tidak dapat larut dalam air, walaupun amilum dapat membentuk sistem dispersi koloid. Polimer dari glukosa yang terdapat dalam tumbuhan disebut dengan amilum, sedangkan yang terdapat dalam tubuh manusia dan hewan polimer dari glukosa disebut dengan glikogen.

Komentar

Unknown mengatakan…
ternyata karbohidrat dibagi menjadi beberapa golongan, dan masing-masing golongan juga memiliki sifat yang berbeda pula, baru tahu saya, lumayan nih tambah ilmu lagi, thx yia...
Cinta Teknologi mengatakan…
hehehehh jujur saya baru tahu mbak ternyata karbohidrat itu bnyak golongannya yah hihi makasii nih atas Ilmu nyaa :)
Kang Ucup mengatakan…
dijamin pinter pokoknya kalau singgah ke blog ini :-bd
Unknown mengatakan…
iya gan ni pelajaran saya di sekolah
Unknown mengatakan…
haha sama-sama gan :D
Unknown mengatakan…
Amin. semoga pengujung di blog ini jadi pinter :D

Postingan populer dari blog ini

APA ITU AGROTEKNOLOGI?

Cara Menghilangkan Redirect Pada Template

Cara Menampilkan Subtitle Film di Android