Minahsmk1

Wednesday, 29 October 2014

Pengertian Dan Fungsi Enzim

Pengertian Dan Fungsi Enzim
Pengertian Dan Fungsi Enzim - Enzim adalah suatu biomolekul yang berupa protein yang dapat mempercepat proses kimiawi yang berlangsung dalam tubuh makhluk hidup. Enzim tidak akan ikut bereaksi walaupun tugas dari enzim adala mempercepat  reaksi sehingga pada akhir reaksi enzim akan diperoleh kembali dalam bentuk semula. Karena ini lah enzim disebut dengan biokatalisator.

Dengan adanya enzim proses reaksi kimiawi yang terjadi didalam tubuh (metabolisme) dapat berlangsung dengan cepat. Untuk mempercepat reaksi, enzim menurunkan energi aktivasi yang diperlukan saat berlangsungnya reaksi. Sehingga tanpa adanya enzim reaksi metabolisme yang terjadi didalam tubuh akan berlangsung sangat lama.

Setiap enzim memiliki bentuk tiga dimensi yang unik karena enzim terbuat dari protein. Enzim yang bekerja didalam sel disebut dengan enzim Intraselular. Enzim yang dikeluarkan dari dalam sel untuk melakukan fungsinya disebut juga dengan enzim Ekstraselular. Satu jenis enzim hanya dapat terlibat dalam satu reaksi saja. Enzim diberi nama berdasarkan subtratnya dan diberikan akhiran ase. Contohnya penamaan suatu enzim yaitu sukrase yang mengubah sukrosa menjadi fruktosa dan glukosa. Mengendalikan aktivitas kimia dalam tubuh makhluk hidup merupakan fungsi utama dari enzim.
Previous
Next Post »

Silahkan tuliskan komentar sobat dan mohon jangan menampilkan link aktif

 
Back To Top