Minahsmk1

Friday, 12 September 2014

Macam Macam Ekosistem

Ada berbagai macam jenis ekosistem semua itu tergantung oleh keadaan alamnya.  selain keadaan alam ekosistem juga di pengaruhi oleh iklim regional yang menyebabkan terbentuknya bioma di darat. Secara garis besar ekosistem di golongkan menjadi ekosistem darat, perairan dan buatan.

Ekosistem darat
Ekosistem yang lingkunganya berupa daratan. Dilihat dari letak geografisnya (garis lintangnya),  Ekosistem darat di bedakan menjadi  beberapa bioam sebagai berikut.

Hutan Hujan Tropis

Macam Macam Ekosistem

Hutan hujan tropis memiliki ketinggian yang rendah dari permukaan laut. Letak hutan hujan tropis berada sepanjang garis  khatulistiwa sehingga hutan hujan tropis memiliki cirri lingkungan, yang itensitas cahaya mataharinya tinggi , lama waktu siang kurang lebih sama dengan malamnya, dan itensitas hujan tinggi berkisar antara 220-225 cm per tahun.

Beragam spesies hidup dihutan hujan tropis. Pada bioma ini, peneliti menemukan bahwa pada wilayah dengan ukuran 10 m x 100 m bisa  terdapat hingga 200 spesies tumbuhan yang berbeda. hutan hujan tropis juga memiliki ukuran dan bentuk tubuh yang beragam. Bagian kanopi, yaitu lapisan teratas pohon, dipenuhi oleh tumbuhan merambat, epifit, semak,  dan tumbuhan herba lainya. Hewan yang terdapat pada bioma hutan hujan tropis juga beragam, misalnya gagak, kelelawar, ular, kata dan monyet.  Hutan hujan tropis memiliki jumlah serangga yang paling beragam dibandingkan bioma lainnya. Bahkan, satu pohon dihutan hujan tropsi dapat dihuni dengan ribuan spesies serangga.

Padang Rumput

Macam Macam Ekosistem

Bioma ini terdapat didaerah yang terbentang  dari daerah tropic ke subtropik. Ciri-cirinya adalah curah hujan kurang lebih 25-30 cm pertahun dan hujan turun tidak teratur.  Peresapan air tinggi dan aliran air cepat. Tumbuhan yang ada terdiri atas tumbuhan herba dan rumput yang keduanya tergantung pada kelembapan. Hewan yang hidup dipadang rumput , yaitu bison, zebra, singa, anjng liar, serigala, gajah, jerapah, serangga, tikus, kanguru dan lain-lain

Gurun

Macam Macam Ekosistem
Bebeapa bioma gurun terdapat didaerah tropika (sepanjang garis balik) yang berbatas dengan padang rumput. Ciri-ciri bioma gurun yaitu gersang dan curah huan redah sekitar25 cm pertahun. Suhu pada siang hari tinggi sekitar 45°C sehingga penguapan juga tinggi, sedangkan suhu malam hari sangat rendah bisa mencapai 0°C.

Tumbuhan semusim yang terdapat digurun berukuran kecil. Selain itu, digurun dijumpai juga tumbuhan menahun berdaun seperti duri.  Misalnya, kaktus yang tak berdaun dan memiliki akar panjang serta mempunyai jaringan untuk menyimpan air. hewan yang hidup digurun antara lain rodenatia, ular, kadal, katak, dan kalajengking.

Hutan Gugur Temperate

Macam Macam Ekosistem
Itensitas curah hujan di hutan gugur lebih rendah dibandingkan hutan hujan tropis, yatu sekitar 75-150 cm pertahun. Adaptasi juag dilakukan beberapa jenis hewan ketika musim dingin. Misalnya tupai, akan mengalami hibernasi selama musim dingin.

Tumbuhan yang ada pada hutan gugur memiliki ciri-ciri  yaitu berdaun lebarsperti tumbuhan maple, oak dan ash. Hewan yang hidup dihutan gugur , antara lain rusa, beruang, tupai, serigala, kucing hutan dan berbagai jenis burung sepeti elang, burung hantu dan kalkun.  Tumbuhan dihutan gugur mengalami periode dormasi di saat musim dingin, periode ini ditandai dengan gugurnya daun-daun yang merupakan bentuk adaptasi  tumbuhan dihutan gugur dalam menghadapi musim dingin. Daun kemudian bersemi kembali menjelang musim panas.

Hewan yang berhibernasi akan menurunkan suhu tubuhnya dan melambatkan detak jantung, serta pernapasan sehingga metabolism tubuh menjadi lambat. Metabolisme yang lambat ini membuat hewan dapat menyiman energy  untuk melewati musim dingin, karena makanan tidak banyak tersedia.

Taiga

Macam Macam Ekosistem
Taiga atau hutan conifer memiliki ciri khas yaitu mengalami musim dingin yang sangat dingin dan musim panas yang sangat singkat dan dingin. Taiga didominasi oleh tumbuhan conifer yang mampu bertahan terhadap suhu yang sangat dingin. Ciri tumbuhan conifer antara lain daunnya berbentuk daun dan bersemi sepanjang tahun.
Pepohonan dihutan conifer tidak gugur disaat musim gugur  sebagaimana dihutan gugur. Jenis tumbuhan yang ada di taiga, antara lain spruce, pinus, fir dan alder dan hewan-hewan yang ada dihutan conifer, antara lain moose, beruang hitam dan ayam hutan

Tundra

Macam Macam Ekosistem
Tundra berarti daratan tanpa pohon . Tundra disebut juga sebagai padang lumut karena vegetasi utama terdiri atas lumut, lumut kerak dan rumput-rumputan
Karakteritis Tundra sebagai berikut
  1. suhu dingin yang ekstrim
  2. keragaman spesies rendah
  3. stuktur vegetasi rendah
  4. musim tumbuhan dan perkembangbiakan pendek
Tundra dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu tundra artik dan tundra alpine. Tundra artik terletak dikutub utara dengan kondisi lingkungan menyerupai gurun tetapi dengan suhu lingkungan yang dingin. hewan-hewan yang ada pada tundra artik antara lain serigala, beruang kutub, rubah, tupai,  serta berbagai jenis burung dan serangga. Tundra alpine terletak di ketinggian gunung, dimana pepohonan tidak dapat tumbuh dan terdapat hewan-hewan antara lain marmot, kambing gunung, domba dan berbagai jenis burung.
Previous
Next Post »

11 komentar

Yuliono Gundul delete 12 September 2014 at 14:58

mudah mudahan jadi yang pertama nih belajar tentang macam macam ekosistem, berasa sekolah lagi mbak hihi, kunjungan sore. sukses selalu buat mbak siti

Hayardin Mahgfirah delete 12 September 2014 at 16:27

selamat sore Mba, setelah membaca Artikelnya saya jadi teringat ketika saya masih SMA dulu, kebetulan dulu memilih jurusan IPA...

Comtel Cell delete 12 September 2014 at 17:30

wah... tenyata banyak juga yia ekosistem didarat,

siti aminah delete 12 September 2014 at 18:59

Bagus deh kalau mas ingat lagi dengan pelajaran ipa ini

siti aminah delete 12 September 2014 at 19:20

hehe selamat mas udh jadi yang pertama :D

siti aminah delete 12 September 2014 at 19:22

lumayan banyak lah mas

Kang Ucup delete 12 September 2014 at 20:50

alhamdulillah tambah ilmu mengenai macam-macam ekosistem darat :)

Yuliono Gundul delete 15 September 2014 at 05:29

aseekk, :D ,

siti aminah delete 16 September 2014 at 21:04

sama gan ane juga nambah ilmu :)

Raja Online delete 16 October 2014 at 16:24

Saya baru dengar lo Tunddra mba hehe.. makasih yaa atas info nya

siti aminah delete 19 October 2014 at 15:50

sama-sama gan :D

Silahkan tuliskan komentar sobat dan mohon jangan menampilkan link aktif

 
Back To Top