Minahsmk1

Tuesday, 30 September 2014

Dampak Polusi Udara Terhadap Lingkungan

Polusi udara selain berdampak buruk terhadap kesehatan manusia, juga memberi pengaruh dan berdampak buruk terhadap lingkungan. Dampak polusi udara terhadap lingkungan dapat membuat lingkungan menjadi rusak dan tercemar. Yang terkena dampak polusi udara antara lain dampak terhadap tanaman, menimbulkan hujan asam, terjadi efek rumah kaca, dan menyebabkan kerusakan pada lapisan ozon.

Nah, untuk lebih jelasnya saya akan menjelaskan dampak-dampak dari pencemara udara terhadap lingkungan yang sudah disebutkan diatas satu persatu
Dampak Polusi Udara Terhadap Lingkungan

1. Dampak Terhadap Tanaman
Gas nitrogen oksida yang sudah tercemar di udara selain berbahaya bagi kesehatan manusia dan hewan, tetapi juga berbahaya bagi kehidupan tanaman. Tanaman yang tercemar oleh gas NO akan mendapatkan dampak yaitu di permukaan daun akan timbul bintik-bintik, jika gas NO pada konsentrasi yang lebih tinggi lagi dapat menyebabkan terjadinya nekrosis atau kerusakan pada jaringan daun. Sehingga tanaman tidak dapat berproduksi seperti yang diharapkan yaitu menghasilkan karbohidrat dari proses fotosintesis.

Dengan adanya konsentrasi NO sebanyak 10 ppm, kemampuan fotosintesis daun akan menurun sampai sekitar 60% hingga 70% . Permukaan daun yang tertutup debu atau partikulat dapat menyebabkan terhambatnya proses pengambilan karbon dioksida oleh daun dan menyebabkan terhambatnya proses fotosintesis. Terjadinya pemucatan antara tulang dan tepi daun yang disebabkan oleh gas sulfur dioksida. Sulfur dioksida, emisi fluorin dan ozon dapat mengakibatkan proses asimilasi pada tumbuhan terganggu. Selain itu dampak yang dihasilkan jika tumbuhan - tumbuhan dikonsumsi manusia dapat membahayakan kesehatan manusia contohnya saja jika sayur-sayuran yang tercemar timbal kemudian dikonsumsi manusia akan berbahaya bagi kesehatan manusia yang mengkonsumsinya.

2. Hujan Asam
Merupakan hujan yang turun membawa zat kimia yang bersifat asam. Gas nitrogen dioksida dan sulfur dioksida merupakan polutan utama penyebab terjadinya hujan asam. Dampak yang ditimbulkan dari hujan asam adalah jika tanaman terkena hujan asam akan megakibatkan keruskan pada tanaman yang terkena hujan asam tersebut, air hujan yang tinggi keasamanya dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman, dapat mempengaruhi kualitas air tanah dan air permukaan, menyebabkan bahan-bahan yang terbuat dari logam berkarat dan benda-benda yang terbuat dari batu akan rusak.

3. Efek Rumah Kaca
Merupakan suatu peristiwa tertangkapnya atau tertahannya panas matahari dilapisan bagian bawah atmosfer bumi oleh gas rumah kaca yang membentuk lapisan di atmosfer. Gas rumah kaca tersebut memerangkap panas dibumi dengan cara menyerap panas matahari dan panas tersebut akan dipantulkan kembali kebumi. Hal ini menyebabkan suhu bumi meningkat sehingga terjadi pemanasan global. Pada proses diatas seharusnya sebagian besar panas matahari dipantulkan ke luar angkasa.

Pemanasan global di sebabkan oleh gas rumah kaca yaitu berbagai polutan udara seperti karbon dioksida, nitrat oksida, metana, hidrofluorokarbon (HFC), dan klorofluorokarbon (CFC). Akibat aktivitas manusia jumlah gas-gas ini meningkat di atmosfer setiap tahunya.

Pemanasan global merupakan dampak dari efek rumah kaca, pemanasan global tersebut juga menimbulkan dampak yaitu sebagai berikut

  1. Es dikutub mencair sehingga permukaan air laut menjadi tinggi dan mengakibatkan banjir, banjir dapat menimbulkan wabah penyakit.
  2. Mnyebabkan terjadinya perubahan iklim regional dan global
  3. Menyebabkan perubahan pada siklus kehidupan flora dan fauna

4. Kerusakan Lapisan Ozon
Fungsi lapisan ozon terhadap bumi adalah melindungi bumi dari radiasi sinar ultraviolet (UV) yang dipancarkan matahari. Lapisan ozon berada diketinggian 20-35 km dari permukaan bumi di stratosfer. Adanya CFC sebagai polutan udara yang berada di stratosfer dan bersifat labil. Sinar ultraviolet menyebabkan CFC yang ada dilapisan atmosfer menjadi radikal bebas CI yang sangat reaktif. Sehingga mempercepat (katalis) dalam proses penguraian ozon. Akibatnya proses penguraian molekul-molekul ozon lebih cepat dari pada proses pembentukan molekul-molekul ozon. Sehingga terganggunya keseimbangan lapisan ozon. 

Dampak yang dihasilkan dari peristiwa tersebut yaitu menyebabkan lapisan ozon menjadi tipis dan bahkan dapat membuat lubang-lubang pada lapisan ozon. Karena lapisan ozon sudah berlubang sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari tidak bisa di saring lagi. Akibat dari sinar ultraviolet yang langsung di pancarkan kebumi dapat menyebabkan kanker kulit dan kerusakan pada tanaman. Gas CFC yang menjadi polutan tadi dapat dihasilkan dari alat pendingin seperti lemari es dan AC.

Mungkin ini saja yang dapat saya bahas kali ini semoga bermanfaat bagi anda dan terimakasih karena sudah berkunjung di blog MinahEsemka ini



Previous
Next Post »

4 komentar

Rosi Amanah delete 9 October 2014 at 09:13

Kasian kan lingkungannya?

Raja Online delete 16 October 2014 at 16:23

Ternyata Polusi ini bisa berdampak buruk ya untuk kesehatan.....

siti aminah delete 19 October 2014 at 18:34

Kalau kasihan mari kita sama-sama jaga lingkungan :D

siti aminah delete 19 October 2014 at 18:35

Iya gan, mana banyak banget dampaknya

Silahkan tuliskan komentar sobat dan mohon jangan menampilkan link aktif

 
Back To Top