Minahsmk1

Tuesday, 16 September 2014

Ciri-Ciri Makhluk hidup

Ciri-Ciri Makhluk hidup - Disekitar anda pasti terdapat benda yang hidup dan benda tak hidup, pasti anda sudah dapat membedakan mana benda yang hidup dan mana benda yang tak hidup. Misalnya saja ciri-ciri manusia dan mobil, manusia dan mobil sama-sama bisa bergerak, sama-sama membutuhkan makanan untuk manusia dan bahan bakar untuk mobil, dan sama-sama mengeluarkan zat sisa. Namun, apakah manusia dan mobil termasuk benda hidup? tentu saja tidak mobil termasuk benda mati.  Jadi, yang apa yang membedakan antara makhluk hidup dan tak hidup ?, Ya, yang membedakan salah satunya adalah ciri-cirinya, untuk mengetahui apa saja ciri-ciri makhluk hidup silahkan anda baca artikel ini sampai selesai.

Ciri-Ciri Makhluk hidup
Berikut Ciri-Ciri Makhluk hidup

1. Iribilitas Dan Gerak
Kemampuan makhluk hidup yang dapat merasakan atau menanggapi rangsangan baik berupa rangsangan dari dalam maupun dari luar disebut dengan iribilitas. Rangsangan dari luar tubuh dapat berupa rangsangan suhu, cahaya, air, makanan, suara dan bau sedangkan yang dari dalam tubuh yaitu berupa rasa ingin buang air kecil, air besar dan rasa lapar.

Dengan rangsangan dapat membuat makhluk hidup bereaksi , reaksinya dapat berupa gerakan. Jadi, gerakan merupakan bentuk kepekaan makhluk hidup dalam menanggapi rangsangan yang diberikan. Dalam bergerak makhluk hidup terbagi menjadi dua gerakan yaitu gerak aktif dan gerak pasif. Gerak aktif biasanya hanya dapat dilakukan oleh manusia dan hewan, karena gerak aktif ini adalah proses perpindahan dari suatu tempat ketempat lain. Sedangkan untuk tumbuhan hanya dapat bergerak pasif karena gerak pasif merupakan gerak yang dilakukan tanpa harus berpindah tempat misalnya gerak mekar bunga.

2. Makan
Makhluk hidup memerlukan makanan untuk mendapatkan energi dan makanan juga membantu proses pertumbuhan. Antara makhluk hidup saling membantu dalam menghasilkan makanan misalnya misalnya saja tumbuhan membutuhkan air, mineral yang didapat dari dalam tanah dan gas CO2 diudara yang dikeluarkan saat manusia menghembuskan napas. Nah selanjutnya air dan CO2 tersebut diubah oleh tumbuhan menjadi zat gula (dalam bentuk glukosa) oleh klorofil dengan bantuan cahaya matahari sehingga hewan dan manusia juga dapat makanan dari hasil yang diolah tumbuhan

3. Melakukan Metabolisme
Reaksi – reaksi terjadi didalam tubuh makhluk hidup yang disebut dengan metabolism. Ada dua macam reaksi metabolism yaitu reaksi penyusun atau dikenal dengan anabolisme dan reaksi perombakan atau penguraian katabolisme.

4. Melakukan Adaptasi
Dengan adaptasi  makhluk hidup dapat mempertahankan hidupnya  contohnya saja akar tumbuhan kayu api-api yang menjulang keatas sebagai adaptasi diliingkungan berlumpur, dengan akar yang menjulang keatas makan kayu api-api dapat mendapatkan oksigen.

5. Tumbuh Dan Berkembang Biak
Semua makhluk hidup mengalami proses pertumbuhan dari kecil menjadi besar dan berkembang biak setelah besar menghasilkan keturunan sehinggan makhluk hidup dapat melestarikan jenisnya.
Previous
Next Post »

7 komentar

Comtel Cell delete 17 September 2014 at 17:26

membaca ulasan diatas, terutama pada poin 4, berarti tumbuhan termasuk makhluk hidup yia...

saya pernah berdebat dengan teman saya tentang hal ini, hehehe....

siti aminah delete 17 September 2014 at 17:59

Iya dong mas, kan tumbuhan juga bisa bergerak, bernafas seperti hewan dan manusia

Rachman Hijra delete 20 September 2014 at 00:57

klau manusia. contoh adaptasinya apa ya...?
di tunggu ya kunjungan baliknya..
hehe

Yuliono Gundul delete 20 September 2014 at 19:28

nyimak mbak, menuntut ilmu lagi kitanya, sakulah diblognya mbak siti hehe..

Raja Online delete 16 October 2014 at 16:24

Thnks

siti aminah delete 19 October 2014 at 18:30

Adaptasi manusia terhadap lingkungan misalnya pada saat udara dingin, orang cenderung lebih banyak mengeluarkan urine.

siti aminah delete 19 October 2014 at 18:30

Ya sama-sama

Silahkan tuliskan komentar sobat dan mohon jangan menampilkan link aktif

 
Back To Top