Minahsmk1

Tuesday, 26 August 2014

Penjelasan Mengenai Kayu Api-Api

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi artikel pendidikan atau pengetahuan seputar tentang alam, sekalian untuk nyari bahan tugas dari sekolah tentang kayu api-api atau pohon api-api, entah yang mana yang benar namanya yang jelas ada api-apinya. Tugas ini diberikan oleh guru Muata Lokal (Mulok). Kalau kelompok saya sih dapatnya tentang kayu api-api, tapi kalau kelompok lain ada yang di suruh mencari materi tentang Jeruju, Bakau, Pidada dan masih ada lagi materi yang lain yang harus di cari, tapi saya lupa kelompok teman saya di surun nyari apa saja. Ah biarlah itu urusan mereka.

Apa itu kayu Api-Api ?, Api-Api merupakan tumbuhan dari kelompok Avicennia, yang merupakan bagian dari suku Acanthaceae. Biasanya Api-Api sering di temukan di tepi laut di dalam komunitas atau kelompok hutan Mangrove.
Penjelasan Mengenai Kayu Api-Api
Api-Api

Untuk Adaptasi di lingkungan yang berlumpur dan berkadar garam, yang memang wilayah hutan Mangrove, maka api-api memiliki ciri-ciri
  1. Akar Api-Api bentuknya seperti paku dan rapat-rapat muncul ke atas atau ke permukaan lumpur yang berguna untuk bernafas, biasanya akar tersebut muncul di sekeliling pangkal batangnya. Biasanya Akarnya memiliki ukuran sekitar10-30 cm
  2.  Memiliki daun yang berwarna putih dibagian bawahnya karena dilapisi kelenjar garam atau kristal garam. Kristal garam yang berada di bawah lapisan daun disebabkan karena kelebihan garam yang di buang oleh tumbuhan Api-Api.
  3. Jika buahnya belum gugur, biji api-api berkecambah dan masih melekat pada rantingnya. Pada saat biji Api-Api terjatuh kelumpur maka akan segera tumbuh.
Selain ciri-ciri adaptasi diatas, ciri-ciri api api lainya yaitu memiliki daun yang berhadapan, tunggal, bertangkai, berujung bulat atau runcing dengan warna hijau dibagian atas dan abu-abu atau keputihan di bagian bawahnya karena ada kristal garam, tulang daunnya tidak kelihatan jelas, kuncup daun terletak pada lekuk pasangan daun paling atas. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Daru Setyo Rini, S.Si (Peneliti Madya Lembaga Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah) Api-api memiliki manfaat yang sangat besar yaitu dapat menimbun atau mengencerkan logam berat yang tinggi sehingga mengurangi terjadinya pencemaran dilaut.
Previous
Next Post »

2 komentar

Raja Online delete 16 October 2014 at 16:26

Itu gambar Kayu api-api ya mba

siti aminah delete 17 October 2014 at 22:39

Mungkin mas, soalnya saya ngambil di google. nanti saya masukin yang saya photo sendiri

Silahkan tuliskan komentar sobat dan mohon jangan menampilkan link aktif

 
Back To Top