Membuat Mail Merge Di Microsoft Word

Kali ini saya akan berbagi pengetahuan sedikit seputar Microsoft Word, yang saya bagikan ini adalah bagaimana cara Membuat Mail Merge Di Microsoft Word, cara ini saya ketahui dari guru saya di smk, soalnya pada waktu itu pelajaran yang di pelajari tentang cara Membuat Mail Merge Di Microsoft Word, Nah dari pada ilmu ini saya miliki sendiri lebih baik saya bagikan kepada anda yang juga sedang membutuhkan. Ngomong-ngomong soal Mail Merge, belum di jelaskan ni apa itu Mail Merge ?, Mail Merge adalah salah satu fasilitas yang disediakan di Microsoft Word yang dapat membuat suatu surat atau dokumen lain dengan teks yang sama tapi dapat dikirim keberbagai tujuan, dengan nama maupun alamat yang berbeda, langsung saja ya di praktekan.
Berikut langkah-langkah membuat mail merge di Microsoft Word
1. Buatlah surat yang akan anda Mail Merge
2. Kosongkan bagian-bagian tertentu yang akan dibuat berbeda (disini saya mengosongkan Tanggal, Nama, Kelas, Hormat saya, Orang tua/wali)
Membuat Mail Merge Di Microsoft Word

3. Klik Mailings ==> klik Start Mail Merge ==> Klik step by step mail merge wizard

4. Akan muncul jendela di samping kanan lembar kerja, Pilih Letters setelah itu klik Next: Starting document
Membuat Mail Merge Di Microsoft Word


5. Pilih Use the current document ==> Klik Next: Select recipients
6. Pilih Type a new list ==> Create
Membuat Mail Merge Di Microsoft Word

7. Muncul Jendela New Address List kemudian pilih Customize Columns
Membuat Mail Merge Di Microsoft Word

8. Pilih field dan ganti nama sesuai bagian yang anda kosongkan tadi dengan mengklik rename, dan hapus field yang tidak dibutuhkan ( Jika Ingin menambah Field, klik Add). Jika sudah selesai klik Ok

Sebelum diedit
Membuat Mail Merge Di Microsoft Word
 Sudah diedit
Membuat Mail Merge Di Microsoft Word

9. Entrykan Tanggal, Nama, Kelas, Orang Tua (Hormat saya tidak perlu di entrykan, Untuk mengisi Hormat saya ambil field Nama). Jika ingin menambah entry klik New Entry. Jika sudah selesai klik OK.
Membuat Mail Merge Di Microsoft Word

10 Akan muncul jendela Save Address List, pilih Folder kemudian Entrykan nama file setelah itu Klik save ==> klik Ok pada jendela Mail Merge Recipients
11. Arahkan Kursor pada lembar kerja yang akan diolah
Membuat Mail Merge Di Microsoft Word

12. Klik Use an existing list ==> Klik Next: Write your letter
Membuat Mail Merge Di Microsoft Word

13. More items
Membuat Mail Merge Di Microsoft Word

14. Akan muncul jendela insert merge field, pilih field (Disini saya meletakan kursor di tanggal jadi field yang di pilih field tanggal) ==> Klik insert ==> Klik Close
Membuat Mail Merge Di Microsoft Word

15. Ulangi langkah 13 dan 14 ( Jika kursor diletakan di Nama berarti field Nama yang di pilih)
16. Jika sudah selesai Klik Next: Preview
Membuat Mail Merge Di Microsoft Word

Sekian cara Membuat Mail Merge Di Microsoft Word, semoga bermanfaat bagi anda semua :)

Komentar

Gupitan mengatakan…
Pertamax Gan...
Makasih tipsnya sangat bermanfaat :)
Unknown mengatakan…
Iy, gan
Mksih udh mampir :)

Postingan populer dari blog ini

APA ITU AGROTEKNOLOGI?

Cara Ampuh Menyadap Android Tanpa Root

Cara Menghilangkan Redirect Pada Template